RSS

Tumbuh Kembang Balita

11 Des

Pertumbuhan dan perkembangan anak sangat penting untuk diperhatikan, mengingat jumlah balita di Indonesia sangat besar yaitu sekitar 10% dari populasi maka sebagai calon generasi penerus bangsa, kualitas tumbuh kembang balita di Indonesia perlu mendapat perhatian serius yaitu mendapat gizi yang baik, stimulasi yang memadai serta terjangkau oleh pelayanan kesehatan berkualitas termasuk deteksi dan intervensi dini penyimpangan tumbuh kembang. Karena pada lima tahun pertama usia kehidupan anak merupakan masa yang sangat peka terhadap lingkungan dan masa ini berlangsung sangat pendek serta tidak dapat diulang lagi maka balita disebut sebagai “masa keemasan dan masa kritis”.

1. Pengertian

a.       Pertumbuhan adalah bertambah ukuran fisik dan struktur tubuh sebagian atau keseluruhan sehingga dapat diukur dengan satuan panjang dan berat. Contoh : bertambah panjang badan, dan bertambah berat badan.

b.      Perkembangan adalah bertambah struktur fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam kemampuan gerak kasar, gerak halus, bicara dan bahasa, serta sosialisasi, dan kemandirian. Misalnya, kemampuan bicara dan sosialisasi serta emosi.

2. Aspek perkembangan yang dipantau :

a)            Gerak kasar : melakukan gerakan yang menggunakan otot, misal: duduk,  berdiri, dll.

b)            Gerak halus : melakukan gerakan halus, misal mengamati sesuatu, menulis, dll.

c)            Kemampuan bicara dan bahasa.

d)           Sosialisasi dan kemandirian (makan sendiri, membereskan mainan, dll)

3. Periode tumbuh kembang anak :

o      masa janin dalam kandungan : maka ibu harus menjaga kesehatan, lingkungan yang menyenangkan, mendapat nutrisi, tidak kurang kasih sayang, hindari stres, dan tidak kerja keras.

o      Masa bayi : ditolong nakes, jangan terlambat ke sarana kesehatan saat melahirkan dan didampingi keluarga, dan beri ASI sesegera mungkin.

o      Masa balita < 5thn : kemampuan bicara dan bahasa, kreativitas, kesadaran sosial, emosional, dan intelegensi.

o      Masa prasekolah : pertumbuhan stabil, perkembangan meningkat dan proses berfikir, mulai menginginkan.

4. Gangguan tumbuh kembang :

–                Gangguan bicara dan bahasa mengalami keterlambatan

–                Kelainan gerakan dan postur tubuh

–                Kecerdasan terbatas sehingga perkembangannya terlambat dari anak normal.

–                Kurang gizi

–                Keterlambatan dalam pertumbuhan.

–                Gangguan pusat perhatian.

5. Tahapan Pertumbuhan dan Perkembangan

a)      Pertumbuhan janin di dalam kandungan

Merupakan pertumbuhan yang paling pesat yang dialami seseorang dalam hidupnya

b)      Pertumbuhan setelah lahir

(1)   Berat badan

Tabel. 1. Perkiraan Berat Badan dalam Kilogram

Perkiraan Berat Badan dalam Kilogram
1.      Lahir2.      3-12 bulan

3.      1-5 tahun

4.      6-12 tahun

3,25kgUmur(bulan)+ 9

2

Umur (tahun)x 2 – 8

Umur(bulan) x 2 – 8

2

(2)   Tinggi badan

Tabel. 2. Perkiraan Tinggi Badan dalam Sentimeter

Perkiraan Tinggi Badan dalam Sentimeter
a.       Lahirb.      Umur 1 tahun

c.       2-12 tahun

50cm75cm

Umur (tahun) x 6 + 77

(3)   Gigi

Gigi pertama tumbuh pada umur 5-9 bulan. Pada umur 1 tahun, sebagaian besar anak mempunyai 6-8 gigi susu. Selama 2 tahun kedua gigi tumbuh lagi 8 biji sehingga jumlah seluruhnya sekitar 14-16 gigi, dan pada umur 2,5 tahun sudah terdapat 20 gigi susu.

Perkembangan anak balita

a)      Umur 0-3 bulan

(1)         Mengangkat kepala setinggi 450

(2)         Menggerakkan kepala dari kiri/kanan ke tengah

(3)         Melihat dan menatap wajah Anda

(4)         Mengoceh spontan atau bereaksi dengan mengoceh

(5)         Suka tertawa keras

(6)         Bereaksi terkejut terhadap suara keras

(7)         Membalas tersenyum ketika diajak bicara/senyum

(8)         Mengenal ibu dengan penglihatan, penciuman, pendengaran, kontak

b)      Umur 3-6 bulan

(1)         Berbalik dari telungkup ke telentang

(2)         Mengangkat kepala setinggi 900

(3)         Mempertahankan posisi kepala tetap tegak dan stabil

(4)         Menggenggam pensil

(5)         Meraih benda yang ada dalam jangkauannya

(6)         Menggenggam tangannya sendiri

(7)         Berusaha memperluas pandangan

(8)         Mengarahkan matanya pada benda-benda kecil

(9)         Mengeluarkan suara gembira bernada tinggi atau memekik

(10)     Tersenyum ketika melihat mainan/gambar yang menarik saat bermain sendiri.

c)      Umur 6-9 bulan

(1)         Duduk

(2)         Belajar berdiri, kedua kakinya menyangga sebagian berat badan

(3)         Merangkak meraih mainan atau mendekati seseorang

(4)         Memindahkan benda dari satu tangan ke tangan lain

(5)         Memungut dua benda, masing-masing tangan pegang satu benda pada saat yang bersamaan.

(6)         Memungut benda sebesar kacang dengan cara meraup.

(7)         Bersuara tanpa arti, mamama, bababa, dadada, tatatata.

(8)         Mencari mainan/benda yang dijatuhkan

(9)         Bermain tepuk tangan/ciluk ba

(10)     Bergembira dengan melempar benda

(11)     Makan kue sendiri

d)     Umur 9-12 bulan

(1)         Mengangkat badannya ke posisi berdiri

(2)         Belajar berdiri selama 30 detik atau berpegangan di kursi

(3)         Dapat berjalan dengan dituntun

(4)         Mengulurkan lengan/badan untuk meraih mainan yang diinginkan

(5)         Memegang erat pensil

(6)         Memasukkan benda ke mulut

(7)         Mengulang menirukan bunyi yang didengar

(8)         Menyebut 2-3 suku kata yang sama tanpa arti

(9)         Mengeksplorasi sekitar, ingin tahu, ingin menyentuh apa saja

(10)     Bereaksi terhadap suara yang perlahan atau bisikan

(11)     Senang diajak bermain “CILUK BA”

(12)     Mengenal anggota keluarga, takut pada orang yang belum dikenal

e)      Umur 12-18 bulan

(2)         Berdiri sendiri tanpa berpegangan

(3)         Membungkuk memungut mainan kemudian berdiri kembali

(4)         Berjalan mundur 5 langkah

(5)         Memanggil ayah dengan kata “papa”, memanggil ibu dengan kata “mama”

(6)         Menumpuk 2 kubus

(7)         Memasukkan kubus di kotak

(8)         Menunjukkan apa yang diinginkan tanpa menangis/merengek, anak bisa mengeluarkan suara yang menyenangkan atau menarik tangan ibu

(9)         Memperlihatkan rasa cemburu/bersaing

f)       Umur 18-24 bulan

(1)         Berdiri sendiri tanpa berpegangan 30 detik

(2)         Berjalan tanpa terhuyung-huyung

(3)         Bertepuk tangan, melambai-lambai

(4)         Menumpuk 4 buah kubus

(5)         Memungut benda kecil dengan ibu jari dan jari telunjuk

(6)         Menggelindingkan bola kearah sasaran

(7)         Menyebut 3-6 kata yang mempunyai arti

(8)         Membantu/menirukan pekerjaan rumah tangga

(9)         Memegang cangkir sendiri, belajar makan-minum sendiri

g)      Umur 24-36 bulan

(1)         Jalan naik tangga sendiri

(2)         Dapat bermain dan menendang bola kecil

(3)         Mencoret-coret pensil pada kertas

(4)         Bicara dengan baik, menggunakan 2 kata

(5)         Dapat menunjuk 1 atau lebih bagian tubuhnya ketika diminta

(6)         Melihat gambar dan dapat menyebut dengan benar nama 2 benda atau lebih

(7)         Membantu memungut mainannya sendiri atau membantu mengangkat piring jika diminta

(8)         Makan nasi sendiri tanpa banyak tumpah

(9)         Melepas pakaiannya sendiri

h)      Umur 36-48 bulan

(1)         Berdiri 1 kaki 2 detik

(2)         Melompat kedua kaki diangkat

(3)         Mengayuh sepeda roda tiga

(4)         Menggambar garis lurus

(5)         Menumpuk 8 buah kubus

(6)         Mengenal 2-4 warna

(7)         Menyebut nama, umur, tempat

(8)         Mengerti arti kata di atas, di bawah, di depan

(9)         Mendengarkan cerita

(10)     Mencuci dan mengeringkan tangan sendiri

(11)     Bermain bersama teman, mengikuti aturan permaian

(12)     Mengenakan sepatu sendiri

(13)     Mengenakan celana panjang, kemeja, baju

i)        Umur 48-60 bulan

(1)         Berdiri 1 kaki 6 detik

(2)         Melompat-lompat 1 kaki

(3)         Menari

(4)         Menggambar tanda silang

(5)         Menggambar lingkaran

(6)         Menggambar orang dengan 3 bagian tubuh

(7)         Mengancing baju atau pakaian boneka

(8)         Menyebut nama lengkap tanpa dibantu

(9)         Senang menyebut kata-kata baru

(10)     Senang bertanya tentang sesuatu

(11)     Menjawab pertanyaan dengan kata-kata yang benar

(12)     Bicaranya mudah dimengerti

(13)     Bisa membandingkan/membedakan sesuatu dari ukuran dan bentuknya

(14)     Menyebut angka, menghitung jari

(15)     Menyeut nama-nama hari

(16)     Berpakaian sendiri tanpa dibantu

(17)     Menggosok gigi tanpa dibantu

(18)     Bereaksi tenang dan tidak rewel ketika ditinggal ibu

j)        Umur 60-72 bulan

(1)         Berjalan lurus

(2)         Berdiri dengan 1 kaki selama 11 detik

(3)         Menggambar dengan 6 bagian, menggambar orang lengkap

(4)         Menangkap bola kecil dengan kedua tangan

(5)         Menggambar segi empat

(6)         Mengerti arti lawan kata

(7)         Mengerti pembicaraan yang menggunakan 7 kata atau lebih

(8)         Menjawab pertanyaan tentang benda terbuat dari apa dan kegunaannya.

(9)         Mengenal angka, bisa menghitung angka 5-10

(10)     Mengenal warna-warni

(11)     Mengungkapkan simpati

(12)     Mengikuti aturan permainan

(13)     Berpakaian sendiri tanpa dibantu

Sumber

Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Tumbuh Kembang Anak, Depkes RI Tahun 2005

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: